Jika kamu adalah kreator konten dan reviewer pemula, tentunya mendapatkan endorsement dan pos bersponsor menjadi salah satu tolok ukur dalam perkembangan kontenmu. Biasanya brand mencari kreator konten dan reviewer yang gemar me-review produk sesuai kebutuhan mereka--tentunya yang punya massa dan sudah dikenal orang-orang. Lantas bagaimana kalau kamu belum terkenal?

Biasanya para reviewer seringkali membeli sendiri produk yang akan mereka review. Tujuannya selain untuk menambah portofolio konten, juga sambil menyelam minum air--sambil membeli dan mencoba produk, sambil memancing brand lainnya untuk mengajak bekerja sama. Hanya saja cara ini tentunya membutuhkan modal yang kadang tidak sedikit.

Sebenarnya apa itu endorsement? Kenapa banyak brand berlomba-lomba melakukan endorse? Endorse sendiri dalam bahasa Indonesia berarti dukungan. Yang dimaksud endorse bagi para kreator konten adalah bekerja sama dan mendukung sebuah brand dengan cara memberikan promosi-promosi baik bagi brand tersebut.

Bekerja sama dengan brand itu memang salah satu cara untuk membuat konten dengan meminimalisir bujet, selain itu tentunya meningkatkan gengsi dooong…

Tapi bagaimana kalau misalnya belum ada yang mau meng-endorse kamu dengan produk untuk di-review?

Jangan khawatir dalam perkembangannya sekarang sudah ada website-website yang ditujukan untuk para reviewer yang tertarik untuk mencoba produk secara gratis. Masing-masing platform ini punya syarat dan ketentuan sendiri yang akan kami ulas dibawah ini

HOMETESTER CLUB INDONESIA

Dilansir dari laman pertanyaan yang sering diajukan, Hometester Club Indonesia adalah komunitas para pembeli yang menguji dan membagikan review untuk membantu pembeli lainnya berbelanja dengan lebih baik.

Platform yang ini sudah familiar di antara ibu-ibu rumah tangga se-Indonesia karena seringkali berbagi sampel produk gratis produk kebutuhan rumah tangga. Dari susu anak, makanan hewan, sabun cuci piring hingga merk-merk kecantikan menjadi produk yang sering dibagikan kepada reviewer terpilih.

Untuk bisa menjadi reviewer terpilih caranya mudah; cukup membuat akun atau masuk menggunakan Facebook, pilih produk yang akan di-review dan mengisi kuesioner seputar produk yang digunakan di rumah. Nanti jika kalian menjadi reviewer terpilih, maka kalian akan dikirimi produk yang bisa kalian coba.

Proses review-nya mudah, cukup mengisi lagi kuesioner sesudah menggunakan produk selama batas waktu yang ditentukan dan share foto atau video review produk kalian ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Semakin sering kalian menjadi reviewer maka semakin besar kemungkinan kalian terpilih untuk menjadi reviewer produk berikutnya.

YUKCOBA.IN

Platform lainnya yang juga bisa digunakan untuk berburu barang gratisan untuk di-review adalah YukCoba.In. Hampir mirip dengan Hometester, yukcoba.in juga memberikan platform untuk memberikan review barang-barang yang sudah dan akan segera diliris di pasaran.

Kebanyakan produk di YukCobain merupakan produk kecantikan, makanan, dan produk rumah tangga sehari-hari. Untuk bisa menjadi reviewer, kita harus membuat akun terlebih dahulu menggunakan pos-el (e-mail) atau Facebook, kemudian memilih produk tersedia yang bisa di-review serta alasan kenapa kita cocok untuk me-review produk tersebut. Jadi kita semacam ‘meminang’ brand untuk mengirimi kita produk secara gratis.

Produk yang dikirimkan rata-rata berukuran penuh, sehingga jumlah reviewer yang dipilih pun menjadi lebih sedikit, akan tetapi Yukcobain memberikan transparansi reviewer mana yang dipilih di laman produk yang bisa di-review. Selain itu, yukcobain juga seringkali memberikan insentif tambahan seperti mini competition untuk turut me-review produk yang dikirim di blog.

Tips: perhatikan baik-baik tanggal submisi dan batas pengiriman review sebelum memilih produk ya!

SOCIABUZZ

Bagi para kreator konten tentunya sudah familier dengan platform SociaBuzz. Sedikit berbeda dengan dua platform lainnya, SociaBuzz adalah platform lokapasar (marketplace) untuk pendengung (influencer), talenta dan jasa kreatif lainnya. Di sini brand bisa menawarkan produk untuk di-review oleh influencer dan kreator konten lainnya, dengan imbalan jasa berupa sejumlah uang.

Karena merupakan platform marketplace untuk para influencer, maka kita harus menyambungkan media sosial dan blog kita dengan platform SociaBuzz.

Proses pendaftarannya pun kurang lebih sama, kita diwajibkan membuat akun untuk mendaftarkan diri ke laman produk yang ditawarkan untuk di-review. Nantinya setelah menyambungkan platform media sosial dan blog kita dengan SociaBuzz, maka kita dapat memilih produk yang bisa kita review.

Sayangnya, di sini kita akan difilter berdasarkan jumlah pengikut (followers) yang dibutuhkan oleh brand, sehingga tidak semua produk dapat kita review. Jika jumlah followers kita sudah sesuai kebutuhan brand maka kita dapat mengajukan harga untuk pos tersebut. Kalau kita terpilih maka kita akan dihubungi oleh SocioBuzz untuk konfirmasi mekanisme review.

Nah, berikut tiga platform yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari produk-produk ‘endorse’ untuk di-review. Siap untuk me-review produk?