Teruntuk para pegiat pura-pura kerja cabang industri kreatif, saya punya pertanyaan yang kita semua sebenarnya sudah tahu jawabannya:

“sudah mulai bosan di rumah?"

Belakangan banyak sekali teman-teman pekerja kreatif dan kreator konten yang mengeluhkan hal yang sama, yaitu merasa tidak terinspirasi selama bekerja dalam isolasi dan bahkan ada yang menunjukkan gejala burnout.

Photo by Camila Quintero Franco / Unsplash

Jadi untuk menjaga agar kalian bisa terus pura-pura kerja, kami mengumpulkan lima situs dan platform di mana kalian bisa berselancar seharian untuk mengumpulkan ide mulai dari branding image, resep masakan sampai cara beternak lele.

Pinterest

Pinterest ini adalah situs social bookmarking yang lazim digunakan banyak pekerja kreatif. Selain untuk memanen konten dan trafik, Pinterest juga dapat digunakan untuk melakukan kurasi konten sehingga tak hanya bisa dimanfaatkan oleh pekerja kreatif melainkan oleh siapa pun yang suka mengumpulkan konten-konten.

Pinterest
Photo by Charles Deluvio / Unsplash

Konsep Pinterest ini adalah kita melakukan pin pada gambar-gambar yang dimuat dalam sebuah situs dan mengumpulkannya dalam sebuah board. Nantinya kalian bisa mengelompokkan pin ini dalam berbagai macam board yang sudah kalian tentukan temanya, jadi konsepnya kurang lebih mirip seperti mading digital. Kalian juga bisa mencari gambar dan topik yang kita inginkan dengan fitur pencarian yang ada di dalam platform Pinterest ini.

Tips: carilah konten yang relevan dengan kebutuhan, misalnya inspirasi memasak, atau inspirasi konten vlog, lalu kumpulkan dalam sebuah board. Nantinya konten-konten yang sering kalian cari otomatis akan muncul di laman muka akun Pinterest, sehingga lebih mudah mencari konten sejenis.

Issuu

Issuu adalah platform majalah digital, tapi bukan hanya majalah yang bisa kalian temukan di sini, melainkan juga aneka brosur, portofolio para seniman dari seluruh dunia, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang menggemari majalah digital atau ingin mencari inspirasi untuk membuat media cetak dan layout media digital, Issuu ini cocok sekali buat kalian. Topik-topik majalah yang diunggah juga tak terbatas dengan topik seni, melainkan juga ada topik berkebun, peternakan urban, desain interior, dan lain-lain. Beberapa koleksi majalah seni dan indie zine luar negeri juga bisa kalian baca di Issuu!

Dribbble

Dribbble adalah komunitas di mana para desainer dan pekerja kreatif dapat mengunggah hasil kerjanya dan mendapatkan feedback dari para anggota komunitas.

Photo by Daniel Korpai / Unsplash

Di sini kalian bisa mengunggah portofolio dan mendapat masukan maupun likes dari sesama pekerja kreatif. Selain itu, di sini juga terdapat platform pencari kerja di bidang desain, jadi selain mencari inspirasi dan mengunggah portofolio, kalian juga bisa memanfaatkan Dribbble untuk mencari kerja.

Fitur Dribbble yang paling menarik adalah mereka memiliki free for commercial use shots di mana terdapat stock photo, desain, ilustrasi, dan elemen grafis gratis yang bisa kalian gunakan secara cuma-cuma untuk berbagai kebutuan, personal maupun komersial.

Behance

Mirip dengan Dribbble, Behance juga merupakan platform untuk mengunggah hasil kerja kreatif dan juga untuk melihat-lihat hasil kerja orang lain.

Saat ini, Behance merupakan bagian dari Adobe System dan bisa diakses dengan mudah jika kalian pengguna produk-produk Adobe Creative Cloud. Namun, jangan khawatir meskipun bukan pengguna produk Adobe, kalian tetap bisa mengunggah dan mengakses Behance secara gratis kok!

Behance Coin
Photo by Hussam Abd / Unsplash

Kelebihan Behance adalah selain tampilannya yang minimalistik dan tidak membuat mata lelah setelah menggulir (scroll) aneka macam konten, Behance juga merupakan platform yang yang mudah diakses bahkan untuk pemula sekalipun.

WeHeartIt

Bagi para bloger tentunya sudah tidak asing lagi dengan WeHeartIt. WeHeartIt adalah image-based social network alias media sosial yang berbasis gambar.

Mirip dengan Pinterest, kalian bisa mengumpulkan gambar-gambar yang disukai untuk dijadikan sebuah collections. Konsepnya mudah, jika kalian melihat sebuah foto yang disukai, maka kalian dapat memberikan heart untuk menyimpan gambar tersebut dalam koleksi pribadi. Meski mirip dengan Instagram likes, akan tetapi WeHeartIt tidak punya kolom komentar, sehingga seringkali dijuluki komunitas paling positif di internet.

Jika kalian menyukai gambar-gambar aestetik dan serta gemar mengoleksi aneka jenis gambar dan .gif, maka WeHeartIt adalah pilihan media sosial yang cocok untuk menginspirasi hari-hari kalian.

WeHeartIt tersedia dalam bentuk web dan aplikasi untuk iOS maupun Android.

Nah, itu dia lima situs yang bisa menjadi tempatmu berselancar di kala membutuhkan inspirasi. Jadi bagaimana, siap terinspirasi hari ini?