Sudah bosan minum kopi? Atau dapat perintah dari dokter keluarga untuk mengurangi kafein? Nah kebetulan sekali, selama bekerja dari rumah ini kalian bisa mencoba aneka varian teh untuk menemani kegiatan sehari-hari. Meski teh identik dengan waktu bersantai, sebenarnya teh juga memiliki kandungan kafein yang bisa membuatmu terjaga dan bersemangat.

Kalau selama ini kalian sudah bosan dengan teh manis atau teh tawar biasa, mari berkenalan dengan varian-varian teh yang bisa menjadi alternatif di kala kalian sedang bosan minum kopi lho!

Teh Susu

Salah satu varian paling umum dari teh yang bisa kalian nikmati adalah teh susu. Ada beragam macam teh susu dari seluruh dunia, baik yang standar seperti teh dengan susu segar, sampai teh susu dengan boba yang mendunia.

Sebenarnya teh susu merupakan minuman yang simpel. Kalian tinggal menyeduh teh lalu menambahkan susu dan gula, akan tetapi kamu juga bisa menyajikan teh susu ini dengan berbagai teknik untuk mencapai hasil yang berbeda. Contohnya, kamu bisa menyajikan teh susu dengan dituang berulang kali seperti teh tarik, disaring seperti teh susu hong kong, atau bahkan menggunakan buih susu hangat seperti latte.

Kelebihan dari teh susu ini adalah kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dengan teh dan susu favorit. Tingkat kemanisan dan rasio susu ke tehnya pun bisa diatur sendiri. Selain itu, kamu juga bisa berkata “ini teh susuuuuuu” seperti iklan susu tahun 90-an, tiap ditanya apakah ini teh atau susu. Seru kan?

Matcha

Mungkin sebagian besar dari kalian mengetahui matcha sebagai topping makanan kekinian yang sempat laku keras di tahun 2019, tapi sebenarnya matcha ini adalah bubuk teh hijau spesial dari Jepang lho!

Beda Matcha dengan teh hijau biasa adalah pada cara menyeduhnya. Saat kalian menyeduh teh hijau biasa, maka setelah selesai diseduh maka ampas daun teh hijaunya akan kalian buang, sedangkan matcha merupakan daun teh hijau yang dibuat menjadi bubuk. Jadi sebenarnya kalian benar-benar sedang minum daun teh!

Segelas matcha juga memiliki kandungan kafein setara kopi lho, jadi kalau kalian mudah mengantuk dan sedang bosan minum kopi, kalian bisa mencoba minum matcha sebagai alternatif!

Teh Rasa Buah

Jika kalian bosan dengan rasa teh manis, kalian bisa mencoba teh rasa buah-buahan. Saat ini sudah banyak sekali varian teh dengan rasa buah yang dijual di pasaran, mulai dari kemasan botolan sampai kemasan seduh, tapi jika kalian tidak ingin menggunakan produk yang ada di pasaran dan ingin mencoba sesuatu yang baru, kalian bisa saja membuat teh rasa buah sendiri.

Umumnya, buah-buah yang digunakan untuk membuat teh rasa buah adalah buah dengan rasa sedikit masam. Tujuannya adalah memberikan rasa fruity yang dapat mengimbangi rasa pahit yang dihasilkan oleh daun teh.

Untuk membuat teh rasa buah, kalian bisa menggunakan buah yang sudah dihaluskan dan mencampurkannya dengan teh, atau menggunakan buah-buahan kering yang direndam dalam teh seperti infused water. Tips: jangan gunakan buah yang terlalu kering, nanti rasanya jadi sedikit lebih pahit!

Teh Maghrebi atau Teh Daun Mint

Teh  Maghrebi merupakan teh khas Maroko dengan daun mint. Berbahan dasar teh hijau yang dicampur dengan daun mint dan gula. Di Maroko sendiri, teh ini disajikan dalam kondisi panas untuk menghindari rasa pahit yang muncul jika teh disajikan dalam kondisi dingin.

Daun mint yang digunakan di Maroko sendiri merupakan daun mint varian nana, dan seringkali disajikan dengan campuran herbal bunga-bungaan atau jeruk untuk menambahkan rasa. Teh ini juga disajikan secara tradisional dalam tiga gelas dengan filosofi:

Gelas pertama selembut kehidupan, gelas kedua sekuat cinta, dan gelas ketiga sepahit kematian.

"Teh aja ada filosofinya, masa kamu nggak?"

Rice Tea

Pernah mencoba teh dari beras? Sebenarnya ada banyak varian teh dari beras yang bisa kalian coba lho, misalnya Teh Beras Merah dari Bali dan Hyeon Mi Cha dari korea.

Meski namanya teh, tapi teh beras ini tidak menggunakan daun teh, melainkan butiran beras yang sudah disangrai dan kemudian diseduh seperti teh. Selain buliran beras, ada juga berbagai varian teh sejenis yang menggunakan aneka jenis gandum, seperti buckwheat tea, barley tea, teh jagung dan lain-lain.

Teh dari beras ini rendah kalori dan juga dapat menjadi antioksidan sehingga baik untuk kalian yang sudah disuruh mengawasi kolesterol dan tekanan darah. Cobain deh! Mungkin rasanya akan sedikit aneh diawal tapi lama-kelamaan pasti kalian tertarik juga untuk terus minum teh dari beras ini.

Nah, kalian bisa menyesuaikan jenis teh yang akan kalian minum dengan kebutuhan dan mood kalian. Jadi sudah ada rencana minum teh apa hari ini?