Saat ini menjadi freelancer alias pekerja lepas tak lagi sesulit dulu, karena sudah banyak platform penyedia pekerjaan lepas yang bisa dimanfaatkan para freelancer untuk mencari klien dan proyek-proyek pengisi pundi-pundi emas.

Sayangnya seperti kata Bang Napi, kejahatan selalu terjadi di saat ada kesempatan. Seringkali platform freelancer ini malah menjadi ladang bagi para scammer dan para penjahat dunia maya untuk menjalankan aksinya.

Bukan rahasia lagi kalau di beberapa situs penyedia pekerjaan lepas, banyak sekali penipu yang berkeliaran untuk memanfaatkan keberadaan para freelancer yang seringkali tinggal di luar negeri. Ini memberikan mereka rasa nyaman bahwa aktivitas kriminal mereka tidak akan bisa diendus polisi setempat.

Jadi, sebagai freelancer harus pintar-pintarnya kita untuk menghindari penjahat-penjahat dunia maya ini. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari dan mencegah penipuan di website freelancer!

1. Hindari Mengirim Uang Secara Langsung Kepada Siapapun di Platform Freelancer

Salah satu scam yang sering terjadi adalah permintaan pengiriman uang diluar platform freelancer. Biasanya permintaan pengiriman uang ini dibarengi dengan alasan-alasan mbelgedhes seperti “pembelian software yang dibutuhkan” “uang garansi penyelesaian pekerjaan” dan lain-lain.

Lho orang mau cari uang malah disuruh kirim uang, gimana sih?

Maka dari itu hindari mengirim uang secara langsung melalui platform pembayaran di luar si platform freelancing yang kita gunakan. Pilih juga platform freelancing yang mau menjadi ‘rekber’ atau perantara pembayaran diantara freelancer dan pemberi kerja karena selain lebih aman tentunya juga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kita tahu harus mencari kepastian kemana.

2. Simpan Segala Percakapan, Kontrak, dan Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

Meski kebanyakan Platform Freelancer menawarkan komunikasi melalui fasilitas chatroom dan inbox di masing-masing platform untuk mempermudah pembicaraan antara freelancer dan penyedia kerja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga terdapat pemberi kerja yang meminta komunikasi langsung melalui platform komunikasi lain.

Sebisa mungkin lakukan segala komunikasi melalui platform freelancing yang kita gunakan untuk mempermudah penyelesaian sengketa jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika terdapat keadaan memaksa yang mengharuskan kita untuk berkomunikasi dengan pemberi kerja di luar platform, simpan semua bukti percakapan termasuk dokumen-dokumen yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Cek Profil Pemberi Kerja Sebelum Memulai Sebuah Proyek

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah proyek bersama seorang pemberi kerja, penting bagi kita untuk me-review profil serta informasi lainnya untuk mempermudah komunikasi ke depannya.

Jika pemberi kerja kita masih baru atau tidak punya informasi yang ditampilkan di profil mereka, sebaiknya berhati-hatilah dalam berkomunikasi. Pastikan metode pembayaran yang akan digunakan oleh para pemberi kerja dan isi detail kontrak kerja sebelum memulai sebuah proyek.

Jika pemberi kerja menghindar dari pembahasan mengenai pembayaran, berhati-hatilah karena itu merupakan salah satu pertanda scam.

4. Gunakan Milestone Payment

Saat ini sudah banyak penyedia platform freelancing yang menggunakan metode Milestone Payment. Jadi Milestone Payment ini adalah pembayaran sekian persen dari total honor yang harus dibayarkan saat proyek seiring dengan berjalannya proyek.

Dengan metode Milestone Payment ini, kita tidak perlu takut klien akan kabur dan tidak membayar pekerjaan kita. Hanya saja memang, kita harus proaktif membahas mengenai pembayaran Milestone Payment ini sebelum dimulainya proyek.

5. Aktif di Forum untuk para Freelancer

Ada pepatah yang mengatakan “jika ingin berjalan cepat maka berjalanlah sendirian, namun jika ingin berjalan jauh maka berjalanlah bersama-sama”. Pepatah ini juga berlaku untuk para freelancer.

Jika platform pencari kerja lepas yang kamu gunakan memiliki forum untuk berbincang-bincang sesama freelancer manfaatkanlah forum tersebut dengan sebaik-baiknya. Galilah informasi dan carilah teman-teman sesama freelancer.

Jejaring sesama freelancer ini terbukti penting untuk memberantas para scammer karena pertukaran informasi mengenai scam dan modus-modus penipuan antara sesama freelancer dapat melindungi para freelancer dari scammer yang sama.

Jika platform pencari kerja lepas yang kamu gunakan tidak memiliki forum, maka gunakanlah forum lain seperti Reddit untuk mengetahui info-info baru mengenai scam dikalangan para freelancer.

Jangan sampai keberadaan para scammer ini membuat kamu ragu-ragu untuk memulai proyek-proyek freelance-mu ya! Jaga keamanan diri dan waspadalah! Waspadalah!