Sebenarnya, sistem kerja remote sudah ada sejak dulu, namun memang terbatas di bidang tertentu. Sekarang, semakin berkembangnya dunia IT, maka sistem kerja semakin dipermudah. Apalagi jika produk yang dihasilkan berupa konten digital.

Sebagai contoh, pekerja yang bergerak di bidang IT, punya potensi untuk menerapkan kerja remote, seperti profesi pemrogram atau admin server misalnya. Tak hanya bidang IT sebenarnya, bidang lain pun dimungkinkan untuk mengadopsi sistem kerja remote, seperti copywriter atau desainer misalnya.

Tak hanya pegawai swasta, bahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) pun sudah mulai mengadopsi sistem kerja remote. Mulai awal tahun 2020, Bappenas menjadi dinas pertama yang akan menerapkan sistem kerja ini.

Dengan segala pertimbangan kekurangan dan kelebihan bekerja remote, di antara kalian, mungkin sudah ada yang tertarik untuk bekerja dengan sistem remote berdasar pengalaman serta keahlian yang didapat beberapa tahun ke belakang.

Niat sudah mantap, kemampuan teknis dan non-teknis sudah dirasa cukup, pengalaman memadai. Lantas, dari mana harus memulai?

Lima kanal ini mungkin bisa kamu coba untuk memulai mendapatkan pekerjaan remote sesuai dengan bidang yang kamu ingingkan.

Situs Lowongan Kerja

Pencari kerja pasti sudah familiar dengan situs lowongan kerja semacam JobStreet.com atau JobsDb.com. Walau lowongan yang tersedia kebanyakan untuk penuh waktu dan harus bekerja di kantor, namun ada juga beberapa yang menyediakan lowongan dengan sistem kerja remote.

Yang kamu lakukan hanya menambahkan filter berdasarkan lokasi, misal filter untuk remote job saja. Beberapa situs web seperti JobStreet.com memang tidak menyediakan filterisasi khusus berdasarkan kriteria spesifik untuk kerja remote. Untuk menmanipuasinya, kita bisa menambahkan katakunci "remote" di belakang pekerjaan yang sedang dicari, misal menggunakan katakunci pencarian "data entry remote".

Situs Lowongan Khusus Kerja Remote

Tidak berbeda jauh dengan poin pertama, hanya saja mangakses situs web yang memang khusus menyediakan lowongan kerja remote. Beberapa situs web yang menyediakan lowongan kerja remote adalah:
- https://remote.com
- https://weworkremotely.com
- https://www.remote.io
- https://remote.co
- https://remoteok.io

Walau lowongan di bidang IT mendominasi, ada beberapa bida dang jenis profesi lain juga yang ditampilkan di situs web yang telah disebutkan di atas.

Situs Pekerja Lepas (Freelancer)

Ada dua situs pekerja lepas yang populer, yaitu upwork.com dan freelancer.com. Untuk situs lokal, terdapat projects.co.id dan sribulancer.com dengan bidang yang sama.

Walau pada dasarnya situs-situs tersebut menyediakan proyek (bukan lowongan sebagai karyawan), tak salahnya untuk mencoba mencari beberapa proyek di situs tersebut.

Di beberapa kasus, ada klien yang memang mencari kandidat untuk proyek jangka panjang bahkan diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan klien tersebut.

Grup atau Forum Daring (Online)

Jika kamu merasa begitu berat untuk mendapatkan pekerjaan remote dari tiga poin di atas, mungkin bisa mempersempit pencarian dan persaingan di grup atau forum lokal yang mengkhususkan topik kerja remote.

Di Facebook, terdapat grup Kami Kerja Remote yang berisi bahasa tentang sistem kerja remote itu sendiri dan tentu saja lowongan kerja remote.

Di situs KerjaRemote.co.id juga menyediakan sebuah forum dengan bahasan serupa. Kamu dapat mengaksesnya melalui pranala forum.kerjaremote.co.id.

Teman

Sejauh pengalaman dan testimoni teman-teman, pertemanan adalah kanal paling efektif untuk mencari kerja remote. Dalam kasus ini memperluas relasi adalah sebuah keharusan. Tak hanya punya banyak relasi, namun menumbuhkan kualitas kita di mata relasi adalah hal terpenting.

Atasan di perusahan lama saya pernah berkata, jika perusahaan berhasil merekrut karyawan dengan kualitas bagus, maka ada kemungkinan besar karyawan tersebut juga mereferensikan temannya dengan kualitas bagus pula.
Perusahaan akan lebih senang untuk merekrut calon karyawan dari relasi karyawan perusahaan tersebut.

Pada kasus di atas, semua pihak diuntungkan. Perusahaan diuntungkan karena mendapatkan karyawan berkualitas, karyawan mendapatkan bonus tambahakan karena mereferensikan temannya, sedangkan karyawan baru tersebut mendapatkan pekerjaan di perusaahan.