Sebagai anak muda kekinian. Pakai gelang olahraga seperti Mi Band adalah suatu alternatif menambah cap kekinian menjadi lebih sahih. Ya walaupun mungkin saja kamu jarang memakai fungsi aslinya untuk pencatat aktivitas olahraga betulan. Paling tidak, hitungan angka langkah kaki yang cuma untuk jalan kaki indekos-kampus-blandongan PP itu bisa dibanggakan ke teman-teman.

Biasanya orang secara refleks akan bilang apapun gelang band yang kita pakai adalah Mi Band. Ya semacam Honda kalau motor, Odol kalau pasta gigi, Sanyo kalau pompa air, Baygon kalau obat nyamuk, dan lain sebagainya (editor: majas metonimia). Siap-siap kesal aja para pemakai Samsung Galaxy Fit yang harganya 1,5 jutaan itu bila cuma di cocoti dengan kalimat “Eh pakai Mi Band ya?” wkwk.

Selain Xiaomi dan Samsung yang mengeluarkan gelang band. Sejatinya masih ada banyak jenama (brand) lain yang juga mengeluarkan gelang band. Salah satunya adalah Huawei. Huawei juga tidak ingin kalah dengan mengeluarkan gelang band untuk pencatat aktivitas.

Huawei bahkan sebenarnya lebih variatif karena seri produknya banyak. Saking banyak dan selo-nya mereka membikin dua merek berbeda untuk band-nya. Langsung dari Huawei disebut Huawei Band, satunya lagi disebut Honor Band. Padahal aplikasinya sama: Huawei Health. Entah apa maksudnya, kok ribet.

Tidak semua band yang dibikin Huawei masuk Indonesia. Tentu saja mereka mengamati pasar terlebih dahulu. Huawei mendistribusikan band yang desainnya mirip-mirip dengan Mi Band saja. Tentu alasannya untuk membendung kesuksesan Mi Band. Padahal produk Huawei ini keren-keren bila kamu ulik lebih deep di dunia maya.

Saya akan membandingkan secara singkat Mi Band 4 dengan Honor Band 5. Alasan ingin membandingkan dua band tersebut adalah karena harga dan spesifikasi antara keduanya sama, baru beberapa minggu rilis juga. Jadi istilah orang orang pinternya: Apple to Apple, bukan Amer to Amer ya!

Harga

Pertama tentu saja harga. Keduanya memiliki harga yang sama saat pertama rilis, yakni Rp450.000. Karena Mi Band 4 lebih banyak ulasan positif di dunia maya, membuat harganya cukup stabil.

Rata-rata harga Mi Band 4 saat ini adalah 400 ribuan, stabil. Kalau Honor Band 5, karena belum mampu mengalahkan ketenaran Mi Band, harganya turun cukup drastis sampai 300 ribuan. Sebagai calon pembeli tentu saja senang. Honor Band 5 kepunyaan saya ini saat itu masih di harga 400 ribuan waktu beli.

Harga Menang Honor Band 5 daripada Mi Band 4 karena lebih murah bosque!”

Desain

Masalah desain itu masalah selera ya. Orang nggak bisa maksa. Inget kata Kirana Larasati deh, kadang yang bener buat lo kan ga harus diikutin netizen se-dunia. Tetapi, kalau menurut saya ya desain Honor Band 5 ini jauh lebih baik dari Mi Band 4. Yang paling menonjol dari Honor Band 5 adalah strap default-nya yang keren, garang dan laki banget.

Mi Band 4 bisa kok diganti strap-nya. Iya sih, Mi Band punya kelebihan strap yang banyak pilihannya. Strap Mi Band juga dijual dengan harga murah. Saya saja menambah strap Mi Band dengan harga separuh bungkus rokok saja. Tetapi balik lagi ke konsep desain sebuah produk. Pandangan pertama adalah kunci. Saya memandang bahwa tampilan bawaan Honor Band 5 jauh lebih baik daripada Mi Band 4.

Desain Honor Band 5 menjadi semakin terdepan karena bisa dicas (charge) tanpa harus mencopot strap. Sangat visioner sekali desainer Honor Band 5 ini. Sudah sangat memikirkan keribetan kita. Disaat pengguna Mi Band masih ribet karena harus copat-copot strap kalau ngecas, Honor Band cukup di-templeke saja.

Desain layar juga balik lagi ke selera. Sekilas info saja Honor Band 5 ini layarnya sedikit melengkung. Jadi waktu dipakai seakan mengikuti lingkaran pergelangan tangan.

Untuk desain gimana ya, hmmm imbang saja deh. Cuman kalau saya ya pilih Honor Band 5 karena strapnya keren dan ngecasnya anti ribet-ribet club.”

Perangkat Lunak (Software)

Mi Band 4 punya Mi Fit yang menurut saya cuma gitu doang. Walaupun sederhana dan mudah digunakan, saya kadang merasa bosen juga. Update terbaru per awal September ini, pengguna Mi Band 4 ada pembaruan custom theme yang bisa memunculkan foto. Bagi bucin berguna tuh karena bisa menampilkan foto gebetan di gelang Mi Band 4.

Aplikasi milik Honor Band 5 bernama Huawei Health. Tampilannya premium, keren dan hasil datanya begitu detail. Bagi yang serius ingin mengetahui data perkembangan aktivitas secara detail, Huawei Health ini sangat top. Apabila kita menggunakan perangkat gawai merek Huawei, aplikasi Huawei Health akan semakin optimal.

Contohnya adalah ketika kita melakukan aktivitas luar ruangan dan ingin tercatat secara detail termasuk peta perjalanan, kita cukup melakukan start activity melalui gelang Honor Band 5. Kalau nggak punya gawai Huawei? Tetap bisa namun kita harus start melalui gawai non-Huawei kita. Tenang, itu hanya untuk menampilkan peta perjalanan saja kok. Nggak punya gawai Huawei nggak masalah karena walaupun start dari Honor Band 5, aktivitas kita tetap tercatat hanya saja tanpa peta perjalanan.

Saya pilih Huawei Health punya Honor Band 5 deh soal aplikasi, eh tapi Mi Fit punya Mi Band 4 bisa naruh foto gebetan sih”

Tampilan Layar

Soal tampilan layar, bagi yang ukuran jarinya gede-gede kayak saya ini cocoknya memang Honor Band 5 yang icon­ dan tulisannya gede. Kalau lagi di jalan dan ingin lihat kita sudah berapa lama atau sampai mana, cukup lihat sekilas di Honor Band 5 maka sudah bisa terlihat. Tapi, icon punya Honor Band 5 ini desainnya jadul ([z]jaman dulu) banget.

Beda dengan Mi Band 4 yang terkesan modern. Kelebihan lain dari Mi Band 4 ini ada opsi pengatur musik yang terhubung di gawai. Jadi sambil lari bisa atur lagu di aplikasi streaming gratisanmu.

Mohon maaf saya lebih suka tampilan Mi Band 4 sih, walaupun orang dengan jari gendat kayak saya ini agak susah mencet tombol icon di band”

Kesimpulan

Kalau udah ngebet pengen bergaya pakai gelang band, harga kedua band tersebut udah masuk, murah dan lumrah dengan fasilitas yang ditawarkan. Desain masih dapat diperdebatkan sih, tapi biar nggak bosen saya suka band yang pilihan strap-nya banyak. Kalau perangkat lunak, kayaknya saya juga nggak perlu detail-detail amat, secara bukan atlit apalagi punya gawai Huawei. Dan tampilan layar yang udah modern dan bisa diganti foto gebetan bagi saya punya nilai plus.

Jadi kesimpulan dan analisa saya, Mi Band 4 sedikit lebih baik daripada Honor Band 5. Kecuali mau beli Mi Band 4 duitmu kurang.

Impresi